Manfaat Aspirin Untuk Mencegah Serangan Stroke

Manfaat Aspirin Untuk Mencegah Serangan Stroke

Stroke dapat menyebabkan kecacatan fisik bahkan kematian jika tidak mendapatkan penanganan medis dengan cepat. Oleh karena itu, orang yang mengalami serangan stroke harus mendapatkan penanganan yang benar dan juga tepat.

Digadang-gadang, aspirin menjadi salah satu obat yang bisa menyelamatkan orang dari penyakit tersebut. Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat aspirin untuk stroke, Anda harus tahu gejala-gejala stroke terlebih dahulu.

Penyakit stroke ditandai dengan sulit berjalan, kehilangan kesadaran atau pingsan, sulit mengucapkan kata-kata, sulit berjalan hingga kelumpuhan yang mendadak. Baca juga:Manfaat Ciplukan Untuk Stroke

Ada dua jenis penyakit stroke, yakni karena penyumbatan pada pembuluh darah otak yang disebut dengan Stroke Iskemik dan pecahnya pembuluh darah di otak yang disebut dengan Stroke Hemorrhagic.

Untuk pasien Stroke Iskemik dibutuhkan terapi darurat pada tiga jam pertama atau yang dinamakan dengan periode emas. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan otak tahap lanjut. Sedangkan, Stroke Hemorrhagic butuh penanganan darurat agar bisa mengontrol pendarahan serta mengurangi tekanan di dalam otak.

Terapi yang dilakukan untuk menangani Stroke Iskemik ini ialah penyuntikan obat tissue plasminogen activator untuk menghancurkan bekuan darah pada pembuluh darah. Nah, pada terapi ini dibutuhkan aspirin untuk mencegah terjadinya serangan stroke yang kedua.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Oxford University, manfaat aspirin untuk stroke ialah untuk menurunkan resiko stroke yang terjadi secara berulang sebanyak 60% pada 6 minggu pertama.

Meski telah mendapatkan penanganan pertama, seseorang yang terkena stroke pada 6 hingga 12 minggu ke depan memiliki kemungkinan untuk terserang stroke kembali. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa penting untuk mengkonsumsi aspirin pada periode tersebut.

Aspirin yang sudah masuk ke dalam tubuh berguna untuk mengencerkan darah supaya tidak terjadi penyumbatan di pembuluh darah.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa aspirin berguna untuk mencegah serangan stroke berulang dan bukan mengatasinya. Akan tetapi, pemberian aspirin tersebut hanya baik untuk menangani masalah Stroke Iskemik.

Sebaliknya, aspirin tidak dianjurkan untuk diberikan kepada pasien Stroke Hemorrhagic karena bisa beresiko membuat pendarahan menjadi semakin luas serta kerusakan otak yang lebih parah.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Aspirin Untuk Mencegah Serangan Stroke"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel